CARA MENGKONFIGURASI RAID5 DAN RAID6

Penjelasan

RAID5 (Disk Striping with Distributed Parity) adalah level RAID yang mencadangkan 1 hard disk dari total jumlah hard disk yang ter-install sebagai parity (N-1). Jadi kapasitas yang terbaca adalah, total kapasitas hard disk dikurangi 1x kapasitas per hard disk.

Contoh: misalkan Anda mempunyai hard disk 3x1TB. Maka hard disk yang terbaca oleh operating system nantinya adalah 3TB - (1x1TB) = 2TB.

Minimum hard disk yang dibutuhkan: 3

RAID6 (Disk Striping with Dual Parity) adalah level RAID yang mencadangkan 2 hard disk dari total jumlah hard disk yang ter-install sebagai parity (N-2). Jadi kapasitas yang terbaca adalah, total kapasitas hard disk dikurangi 2x kapasitas per hard disk.

Contoh: misalkan Anda mempunyai hard disk 4x1TB, maka hard disk yang terbaca oleh operating system nantinya adalah 4TB - (2x1TB) = 2TB.

Minimum hard disk yang dibutuhkan: 4

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saya akan coba berbagi mengenai bagaimana caranya mengkonfigurasi RAID5 dan RAID6 melalui webBIOS.

Saya mempunyai 4 hard disk dengan status yang sudah baik ( unconfigured good),

1.jpg

Pilih "Configuration Wizard"

2.jpg

Ini adalah tampilan yang akan Anda lihat. Jika belum ada yang di konfigurasi, pilihannya ada 3, namun jika sudah ada konfigurasi sebelumnya, pilihannya hanya ada 2. Berikut penjelasannya:

- "Clear configuration" adalah untuk menghapus konfigurasi yang sudah kita buat

- "New Configuration" adalah untuk membuat konfigurasi yang baru, pilihan ini hanya akan muncul jika tidak ada konfigurasi sebelumnya.

- "Add Configuration" adalah untuk menambah konfigurasi yang sudah ada

Saya akan memilih "New Configuration" dan akan muncul tampilan sebagai berikut:

3.jpg

Pilih "yes"

4.jpg

Disini pilih "manual" dan "Redundancy when possible" lalu "next"

5.jpg

Disini kita akan memilih hard disk yang akan kita konfigurasi. Pada contoh ini, saya akan mengkonfigurasi seluruh hard disk yang saya punya. Maka saya akan memilih semuanya. Tidak perlu klik satu-satu. Klik salah satu saja, lalu tekan "shift" dan klik panah kebawah sampai semua hard disk ter-highlight. Lalu klik "Add To Array"

6.jpg

Lalu klik "Accept DG"

7.jpg

Di cek lagi, kalau sudah benar, klik "next"

8.jpg

9.jpg

Berikut adalah tampilan "span" yang mana webBIOS akan mendeteksi level RAID apa saja yang bisa dipakai dengan RAID Controller ini. Klik "Add to SPAN"

9.jpg

Klik "next"

10.jpg

Secara default sudah terpilih RAID5, jika RAID controller itu support untuk RAID6, maka akan ada pilihan RAID6, tinggal dipilih saja jika Anda menginginkan RAID6. Sekarang pilih "update size"

11.jpg

Kita sudah mendapatkan kapsitas yang benar apabila di RAID5 yaitu 407.917 GB karena hard disk yangterbaca adalah 146GB x 3. Sekarang pilih "Accept"

12.jpg

Klik "next"

13.jpg

Klik "Accept"

14.jpg

Save konfigurasi dengan memilih "yes"

15.jpg

DONE... kita sudah berhasil mengkonfigurasi RAID5 melalui webBIOS. Langkah selanjutnya mungkin tinggal memasukkan CD server guide dan install windows. Perlu diingat, kita sudah mengkonfigurasi RAID melalui webBIOS, jadi nanti di server guide saat memilih RAID, pilih "keep current" saja, jadi tidak usah mengkonfigurasi RAID lagi di server guide

Semoga berguna dan semoga membantu untuk teman-teman technical di lapangan...