Testimonials

No comment

new arrivals

Information

MENGUBAH STATUS DISK DALAM WEB BIOS

Pada saat kita membeli mesin IBM server khususnya IBM system x, perlu diketahui bahwa kita harus memperhatikan RAID Controller apa yang terpasang dimesin tersebut, karena jika kita tidak terlalu memperhatikan dan langsung memasukkan CD server guide dan menginstall OS, bisa jadi kita akan menemukan kesulitan saat melakukan installasinya. Hampir semua server IBM System x sudah menggunakan RAID Controller yang baru, yaitu M1015, M5014 ataupun M5015. Nah, jika menggunakan RAID Controller ini, kita wajib mengecek status hard disk kita di dalam web BIOS.

Sering sekali saya menemukan komplain baik dari dealer ataupun dari user, mengenai kesulitan mereka saat melakukan installasi. Ada yang bilang hard disk-nya tidak terbaca, ada juga yang bilang RAID Controllernya tidak bisa di install (padahal yang seharusnya diinstall itu hard disk).

Tunggu dulu, jangan terburu-buru menyalahkan distributor ataupun IBM. Kegagalan installasi bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya: windows-nya bajakan, ataupun CD yang digunakan sudah banyak goresan, menginstall OS yang tidak di support oleh IBM atau yang terakhir adalah kasus ini.

Untuk kali ini, saya akan coba menjelaskan, bagaimana mengubah status sebuah hard disk agar bisa di install.

Pertama-tama, kita harus masuk ke web BIOS melalui UEFI dulu, caranya bisa dilihat disini

Bila sudah ada dalam web BIOS, klik “start” (sebaiknya Anda menyiapkan mouse disini).
Step6.jpg

Nah, tampilan yang akan kita lihat adalah seperti ini:

make_uncnfg_good.jpg

Perhatikan bahwa status disk kita di atas adalah “Unconfigured Bad” atau ada status lain yaitu “JBOD”

Jika status disk Anda “JBOD” singkatan dari “Just a Bunch Of Disk”, seperti artinya, bahwa disk ini hanya terbaca sebagai serangkaian disk dan tidak bisa ditulis (diinstall).

Jika status HDD seperti ini, lampu light pad diagnostics akan menyala seperti pada gambar:

front_view_bad.jpg
Lalu, apa yang perlu kita lakukan untuk membuat disk tersebut bisa diinstall? Caranya adalah seperti ini:

Pertama, klik disk tersebut, maka akan terbuka window seperti ini:

Make_uncnfg_good2.jpg

Klik tulisan “Make Unconfig Good” seperti di gambar, lalu klik “go”

Make_uncnfg_good4.jpg

Lalu klik "home" seperti di bawah:

Make_uncnfg_good3.jpg

Lakukan hal yang sama dengan disk yang lain, setelah selesai, maka sekarang kita sudah memiliki disk yang baik dan sudah bisa diinstall seperti yang terlihat pada gambar

Uncnfg_good.jpg

Di fisik server juga terlihat lampu light path diagnostics sudah mati seperti pada gambar

front_view_good.jpg

Sekedar info untuk installasi, IBM hanya men-support OS berikut ini: Windows server, Red Hat Enterprise Linux (RHEL) atau SUSE Linux.

DONE! Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya membuat status disk agar bisa digunakan sebagaimana mestinya? Semoga berguna buat teman-teman technical semua.